Jual Plastik Mulsa Tambak Harga Murah Udang Vanname Fanami Vannami

Pentingnya SOP Dalam Budidaya Tanbak Udang Vannami


SOP (Standar Operasional Perusahaan) dari by mas Yohannes Semangat budidaya udang petembak dipasena akhir akhir ini mulai mengabaikan SOP yg pernah di aplikasikan dan sukses pada th 2011. Klimaksnya terasa sejak awal th 2014 sampai saat ini yaitu kegagalan budidaya akibat dari akumilasi pelanggaran SOP.

Jarang sekali petambak yang memulai tahapan budidaya mengacu pada SOP yg pernah sukses.

1. Penyiapan kolam
Jarang petambak membersihkan lumpur sisa budidaya disiklus sebelumnya, rata rata hanya dibersihkan dibagian central drain. Sementara luas central drain tidak lebih dari 25% dari luas seluruh dasar kolam. Sisanya dibiarkan saja, dijemur ala kadarnya sekitar 10 atau 20 hari dan selanjutnya sudah masuk tahap persiapan, biasanya hanya ditebar kapur beberapa kwintal dan langsung isi air. Dibanyak kasus bahkan tidak menggunakan kapur sama sekali, bahkan ada yang baru isi air langsung tebar benur..
 
2. Pengolahan air
Hampir tidak ada tindakan pengolahan air pada tahap selanjutnya, biasanya petambak hanya mengira ngira kadar salinitas air yg dimaksukkan ke kolam, jarang sekali petambak melakukuan pengukuran kadar garam (salinitas) padahal awalnya setiap petambak dibekali alat ukur salinitas & thermometer.

Selanjutnya hampir tidak ada tindakan pembentukan air dimasa persiapan.
Dan bisa dipastikan tidak ada Uji lab yang bisa dipakai sbg acuan bahwa air yg dimasukkan dalam kolam itu layak atau tidak layak digunakan untuk budidaya.
 
3. Budidaya.
Selanjutnya pd tahap budidaya tidak ada monitoring,tdk ada control, dll.Termasuk uji mutu benur pun tdk ada.Ketika ada kendala saat budidaya berlangsung, biasanya penanganannya hanya berdasarkan asumsi petambak yg bersangkutan yg notabene pengetahuannya tentang budidaya blm maksimal ketika dibandingkan dengan jumlah kepadatan tebaran yang dilakukan
 
Banyak petambak baru yg sama sekali blm ada pengalam budidaya udang vannamei tapi berani tebar dengan kepadatan 50s /d 75 ekor / m. Umumnya ketika ada permasalahan, tdk bisa melakukuan tindakan yg cepat & tepat.

*KEMBALI pada SOP??
Ternyata tdk mudah, ketika budidaya dg cara yg sembrono saja petmbak pernah mendulang sukses