Jual Plastik Mulsa Tambak Harga Murah Udang Vanname Fanami Vannami

Obat untuk berak putih Udang Vannami ?

Penyakit White Feces Desease (atau kotoran putih-WFD) pada udang vaname (Litopenaeus Vannamei)  

Apa gejala awal serangan berak putih Udang Vannami ? awalnya petani tambak jor-joran / berlebihan memberikan pakan guna mengejar pertumbuhan udang. Sehingga udang malas makan dan pakan banyak tersisa. Kadang-kadang juga ditemukan banyak planton yang mati. Lalu mulai terlihat berak putih mengambang di kolam. WFD rata-rata muncul pada saat udang berusia 60 hari ke atas. 

Serangan WFD di tambak diketahui ketika banyak planton mati pada saat udang memasuki usia tiga minggu. Lalu pakan di anco utuh dan udang di anco pun hanya 2 hingga 3 ekor. Kemudian disusul oleh mulai mengambangnya berak putih ditambak udang.

Apa dampak berak putih Udang Vannami jika tidak segera ditanggulangi ?? besar juga terhadap penurunan SR karena udang yang terserang WFD tidak bertumbuh dan keropos sehingga mengurangi bobot,

Seberapa sering berak Udang Vannami Muncul di tambak ? biasanya berak putih Udang Vannami di tambak banyak terjadi di kolam tambak semen dan plastik. Sementara di tambak tanah jarang ditemukan karena mungkin bahan-bahan organik tersebut terserap atau dinetralisir oleh tanah dinding dan lantai tambak. 

Solusi Mengatasi Berak Putih Udang Vannamie
1. Berak putih bisa cegah dg cara menjaga kebersihan dasar tambak, menjaga kwalitas air & pakan.  
2. Bila sdh terserang secepatnya lakukan siphon, ganti air 20% dan berikan bakteri lactobaccillus sp.  
3. Bakteri ini bisa dibuat sendiri melalui proses fermentasi bektul/dedak molase/tetes tebu air. 
4. Atau kita beli ditoko pertanian jg ada sprt EM-4 dan sejenisnya.

Solusi Lain untuk mengatasi Berak Putih Udang Vannami
1. Dua Pil Obat Combantrin dari Apotik dicampurkan dengan 25 kg pakan, lalu diberikan ke udang. Cara ini saya peroleh dari teman teknisi di Jawa Timur,”.
2. Sebelum diberikan pakan yang sudah dicampur dengan Combantrin, udang dipuasakan dulu selama 24 jam. 
3. Lalu diberi pakan dengan dosis sekali pemberian sekali sehari selama tiga hari.
4. Kemudian pada hari keempat baru diberi pakan dua kali sehari dengan dosis normal.

Biasanya setelah itu makan udang kembali normal. Tapi udang tidak bertambah berat. Untuk menghadapi kondisi tersebut WFD biasanya digunakan probiotik Epicin D produk Behn Meyer yang dicampur dengan pakan dengan pemberian selama dua kali sehari. Setelah itu baru udangnya kembali bertumbuh.
Kalo udang 1 minggu lebih gak molting knpa ya?*doc 21 hari ???
1. Mungkin syarat dasar kebutuhan moulting blm tercukupi, lemak & karbohidrat sbg sumber energi, protein sbg pembentukan sel baru, kalsium sbg pengganti kulit dll. 
2. Dari lingkungan perairan jg perlu diperhatikan sprt ph, suhu, salinitas, alkalinitas dll