Jual Plastik Mulsa Tambak Harga Murah Udang Vanname Fanami Vannami

Cara Mengukur Oksigen Terlarut di Tambak Udang

Oksigen dibutuhkan udang untuk bernapas. Keterseliaan oksigen di dalam air sangat menentukan kelangsungan hidup dan pertumbuhan udang. Oksigen yang bisa dimanfaatkan udang adalah oksigen terlarut dalam air. Kandungan oksigen terlarut yang baik untuk kehidupan udang adalah 4-8 ppm.

Rendahnya kandungan oksigen terlarut di dalam ambak sering terjadi pada periode musim kemarau yang tidak berangin. Selain itu, penurunan kandungan oksigen juga dipengaruhi oleh :
* Suhu rendah pada malam hari yang diikuti dengan meningkatnya aktivitas fitoplankton.
* Kondisi ini ditandai dengan mengambangnya udang udang naik ke permukaan air).

* Cara mengatasinya :
1. Penggunaan kincir. Dengan menggunakan kincir, maka permukaan air tambak dipecah-pecah menjadi butiran kecil, sehingga luas permukaan air menjadi lebih luas yang menjadikan permukaan air yang mengalami kontak langsung dengan udara menjadi besar sehingga oksigen dapat terlarut dalam air dalam jumlah yang banyak.
2. Air mengalir. Air yang selalu bergerak akan mempunyai kandungan DO yang lebih tinggi dibandingkan dengan air yang tenang, karena selalu terjadi kontak dengan udara bebas.

* Cara menentuan oksigen terlarut di tambak udang, yakni metode winkler, baik yang titrasi maupun rang iodemetri, dan metode elektrometris.
1. Metode winkler titrasi dilakukan dengan cara menghitung jumlah cairan titrat, sementara metode winkler iodementri dilakukan dengan cara pemberian ion. Kedua metode ini lebih cocok diterapkan di laboratorium.
2. Metode elektrometris adalah metode untuk menentukan jumlah oksigen terlarut dengan cara menghitung jumlah oksigen terlarut menggunakan perangkat elektronik. Metode elektrometris lebih banyak digunakan dan lebih mudah diaplikasikan di lapangan dengan menggunakan Disolve Oxygen Meter (DO meter).