Jual Plastik Mulsa Tambak Harga Murah Udang Vanname Fanami Vannami

Cara Memasang Plastik LLDPE dan HDPE

Plastik LLDPE Geomembrane dan HDPE Geomembrane adalah bahan kedap air (impermeable) yang digunakan untuk pelapis anti bocor. Geomembrane ini disebut juga karpet tambak untuk istilah lokal daerah atau bisa disebut karpet talang. Digunakan pada proyek-proyek reservoir (penampung air), tambak garam, biogas, lining Ash Yard PLTU, lining Coal Yard PLTU, kolam atau danau buatan, kolam limbah,  kolam tambak udang, pombensin, lining pond geothermal, dll.

a. Pengiriman dan penyimpanan material Geomembrane LLDPE dan HDPE.
Geomembrane diangkut ke lokasi pekerjaan dengan menggunakan truck trailer. Truck trailer dapat memuat 8 roll. Geomembrane ditimbun pada lokasi yang terlindung dari hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada Geomembrane seperti tekanan yang menyebabkan lubang, minyak, lembab dan panas yang berlebihan. Gulungan Geomembrane ditimbun pada permukaan tanah yang telah diratakan dan dibersihkan (bukan alas kayu) yang rata.

b. Pekerjaan tanah plastik LLDPE dan HDPE.
* Untuk pelaksanaan instalasi lembaran Geomembrane tanah dasar harus sudah dipadatkan. Jika ada tanah yang lunak atau mempunyai sifat kemampatan yang besar dan tidak dapat dipadatkan dengan baik harus disingkirkan dan diganti dengan tanah timbunan yang cukup baik. 
* Seluruh permukaannya harus rata, bebas dari material-material organis, obyek-obyek yang tajam dan segala bentuk puing-puing. Tanah dasar kukuh, pondasi tidak melendut dan tidak terdapat perubahan yang tajam atau gradasi yang patah. Tidak boleh terdapat genangan air dan air tanah yang tinggi.
* Pelaksana utama pada proyek bila perlu melaksanakan sterilisasi tanah dasar menggunakan bahan pensteril tanah dengan formula yang khsusus untuk pertumbuhan di area yang dihampari Geomembrane.

c. Penghamparan Lembaran Geomembrane.
* Pada penghamparan Geomembrane dengan cara manual menggunakan tenaga manusia maka diperlukan penyiapan lahan untuk penggelaran pada yang berdekatan dengan kolam. Tanah dasar untuk penghamparan dan pemotongan material Geomembrane permukaannya harus rata dan bersih dari obyek-obyek yang tajam, dan segala bentuk puing-puing yang dapat menyebabkan kerusakan pada material Geomembrane.
* Gunakan Peralatan yang digunakan tidak menyebabkan kerusakan pada Geomembrane selama Pengangkatan, Pengangkutan dan Penghamparan.
* Pelaksana Instalasi yang bekerja diatas Geomembrane tidak Boleh Merokok
* Gunakan alas kaki yang halus atau jangan menggunakan alas kaki yang dapat merusak Geomembrane.* Ketika menghamparan lembaran Geomembrane tidak menyebabkan penggoresan atau lipatan di lembaran Geomembrane dan tidak menyebabkan kerusakan tanah.
* Gunakan Pemberat (contoh : kantong berisi pasir atau tanah yang tidak merusak Geomembrane) diletakkan diatas lembaran Geomembrane untuk mencegah lembaran tersebut terangkat oleh angin disarankan diletakan menerus di sepanjang bagian tepi panel lembaran Geomembrane untuk mengurangi resiko tertiup angin.

d. Sistem Penyambungan.
Proses penyambungan yang diijinkan adalah menggunakan sistem Hot Shoe dan sistem Extrusion welding.
* Cara ‘Extrusion’ yaitu cara penyambungan dengan mempergunakan batangan HDPE dan alat pemanas seperti halnya metode las (pemanasan).
* Cara ‘Fusion’ yaitu cara penyambungan dengan alat Hot shoe yang memanaskan dua lembar Geomembrane (overlaping) sehingga menyatu.
* Catatan Penting :
Perlu menjadi perhatian dalam penempatan arah sambungan pada penyambungan di bagian lereng yaitu dari atas ke bawah dan bukan arah melintang lereng. Dibagian sudut dan pada geometris yang tidak beraturan penyambungan harus sesedikit mungkin.
Sambungan T tidak boleh lebih dekat dari 5‘ (feet) dari ujung bagian kaki lereng. Penyambungan ditempatkan dan harus dihindari kerutan dan ‘mulut ikan’. Apabila terdapat kerutan dan ‘mulut ikan’ (fish mouth) maka harus dipotong dan ditutup dengan lembaran Geomembrane (cap-stripped).