Jual Plastik Mulsa Tambak Harga Murah Udang Vanname Fanami Vannami

Susi: Sektor Perikanan RI Harusnya Berjaya Sejak 2004

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan, sektor kelautan dan perikanan Indonesia seharusnya sudah berjaya sejak 2004, atau satu dekade yang lalu.

Pasalnya, pada tahun tersebut telah ada kebijakan Amerika yang memberatkan tarif kepada 5 negara seperti China, Thailand dan lainnya.

"Pada tahun itu, ada impor soal tarif kebijakan Amerika ke 5 negara bahkan sampai 110%. Indonesia itu enggak kena dan seharusnya bisa membangkitkan momentum aquaculture (budidaya) kita," ucap Susi di Kantornya, Selasa (11/11/2014).

Susi sangat menyesal, kondisi tahun tersebut justru terbalik, dimana pengusaha cold storage Indonesia banyak gulung tikar. Ekspor ikan Indonesia tinggi namun angkanya tidak tercatat sebagai pemasukan negara.

"Harusnya itu momentum bagus untuk kita menjadi setara Thailand dan China. Produksi dalam negeri hari itu keuntungan kita bisa 100%. Sayang ini enggak terlihat, ini keprihatinan kita," katanya.

Susi yang dulunya juga merupakan pengusaha ikan pesisir ini menyebut, dalam 10 tahun terakhir Indonesia malah banyak melakukan ekspor beku alias frozen. Padahal harga ikan beku jauh lebih murah dibandingkan ikan hidup.

"10 tahun terakhir malahan kita hanya ekspor frozen banyak. Akhirnya ketika saya di Semelu saya ekspor hidup karena ada penerbangan," pungkas dia.