Jual Plastik Mulsa Tambak Harga Murah Udang Vanname Fanami Vannami

RI Harus Jadi Negara Pengimpor Ikan

Produktifitas perikanan baik laut maupun budidaya di Kabupaten Malang, Jawa Timur, cukup tinggi. Buktinya, target produktifitas perikanan 5 tahunan di wilayah ini terlampaui dalam waktu 3 tahun saja.

Berdasarkan data Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malang, target produktivitas perikanan laut selama 5 tahun adalah sebanyak 9.000 ton. Namun hanya dalam waktu 3 tahun produktivitasnya telah mencapai 10 ribu ton.

Sementara untuk produksi perikanan budidaya selama 5 tahun ditarget sebanyak 15.000 ton dan telah terealisasi sebanyak 16.000 ton dalam waktu 3 tahun.

“Target selama lima tahun itu ditentukan dalam rencana strategi, tapi ternyata target telah terlampaui hanya dalam waktu tiga tahun,” ujar Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, Selasa (19/8/2014).

Produksi perikanan itu lebih banyak untuk konsumsi ikan masyarakat di wilayah Malang Raya ataupun dikirim ke luar daerah. Tidak banyak hasil produksi perikanan terutama ikan laut di wilayah Malang Selatan di kawasan Sendangbiru yang diolah oleh industri pengolahan ikan.

Karena target 5 tahunan telah terlampaui, maka Dinas Perikanan dan Kelautan merevisi target 5 tahunan itu. Berdasarkan kajian dengan tim pakar perikanan dari perguruan tinggi, target bisa dinaikkan lagi antara 3% - 10% untuk sisa dua tahun ke depan.

“Revisi kenaikan target itu baik di perikanan tangkap di laut maupun perikanan budidaya air tawar,” ungkap Wahyu.(Zainul Arifin/Nrm)