Jual Plastik Mulsa Tambak Harga Murah Udang Vanname Fanami Vannami

Budidaya Tambak Dengan Plastik Mulsa Tingkatkan Produktivitas

Metode Tambak Plastik Tingkatkan Produktivitas - Sumber Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Ditulis pada: 2012-06-13. Setidaknya 90% petambak Indonesia masih memanfaatkan model tambak tanah dalam menjalankan usaha budidaya udang. Dengan pola pengelolaan budidaya tradisional (pada tebar rendah), biaya investasi dan pengelolaan konstruksi tambak tanah memang relatif rendah. 


Faktanya, tambak tanah cenderung membuat udang rentan terserang penyakit, apalagi dengan tata ruang dan pengairan tambak yang asal-asalan. Ujung-ujungnya produktivitas udang menurun, seperti saat ini.

Cara Budidaya Tambak Dengan Plastik Mulsa

Salah satu terobosan yang dipakai oleh petambak udang untuk mengatasi hal tersebut di atas maka saat ini banyak berkembang model budidaya tambak plastic yang ternyata memiliki banyak keuntungan bagi pembudidayaan udang di tambak.

Keuntungan tambak plastik mulsa

  • Meningkatkan produktivitas budidaya
  • Pertumbuhan bobot udang lebih baik dibandingkan dengan tambak selain tambak plastik
  • Meminimalisasi kegagalan panen dengan tingkat Survival Rate-nya mencapai 85 persen
  • Adanya probiotik yang dapat menstabilkan kualitas airterbentuknya bioflok media air tambak mencapai kesestabilan pada tingkat ketersediaan pakan alaminya, komposisi dan kepadatan bakterinya, dan keseimbangan parameter kimia seperti pH,alkalinitas, NH3, dan lain-lain.

 

Teknik Budidaya Tambak Plastik

Sebelum melakukan kegiatan budidaya tambak plastik, persiapan lahan merupakan hal yang mutlak yang harus dilakukan, hal ini wajib dilakukan agar proses budidaya udang dapat berlangsung dengan baik. Proses budidaya udang memerlukan tempat yang nyaman selama kegiatan budidaya berlangsung.

Lakukan pengeringan tanah sebagai langkah awal untuk melakukan budidaya menggunakanmetode tambak plastic. Pengeringan tanah dilakukan dengan cara menguras tambak dan menjemur sampai tanah menjadi setengah kering, kemudian lapisan tanah teratas diangkat dengan cara dipiku ldan di tata sedemikian rupa pada tanggul tambak. pengangkatan tanah bertujuan untuk menghilangkan sisa sisa bahan organik yang telah menyatu dengan tanah yang dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas air selama proses budidaya. setelah proses pengangkatan tanah elesai, tanah dijemur sampai benar benar kering, pengapuran dilakukan menggunakan kapur aktif dengan dosis 1 ton per 5000 m2. pengapuran bertujuan untuk memperbaiki redok tanah.

Setelah proses pengeringan tambak selesai dilakukan kemudian proses pemlastikan lahan tambak dilakukan. Pemlastikan pada areal tambak yang akan digunakan pada budidaya menggunakan plastik mulsa, plastik yang biasa digunakan pada penanaman buah semangka. pemasangan plastik yang dilakukan dengan menggelar plastik dan di staples menggunakan potongan bambu yang dibentuk menyerupai huruf U . pemasanagn plastik harus dikerjakan dengan cara yang betul betul kuat agar selama proses budidaya plastik yang talah dipasang tidak terangkat/rusak terkena arus kincir, karena bila plastik tidak benar benar rapat ditakutkan benur akan masuk dan mati karena tidak bisa keluar lagi, juga di takutkan pada saat panen banyak udang yang masuk kedalam plastik sehingga susah untuk mengambilnya. pemasangan plastik ada beberapa cara :
  • Pemasangan full, yaitu seluruh areal tambak ditutup plastik, meliputi pelataran, caren dan perengan tambak.
  • Pemasangan plastik hanya pada perengan tambak.
  • Pemasangan plastik hanya pada pelataran tambak.
  • Pemasangan plastik pada perengan dan caren tambak.

Plastik yang dipakai dalam budidaya bisa di gunakan dua kali periode budidaya dengan catatan harus berhati hati dalam menjaga/meminimalisasi kerusakan selama masa budidaya dan saat pemanenan.

Setelah proses persiapan lahan selesai dikerjakan langkah selanjutnya adalah pemasukan air. Air yang dimasukkan kedalam petak budidaya harus melalui proses peyaringan dengan kain waring hijau, jika pemasukan air menggunakan pompa alcon harus diberi pemecah air yang terbuat dari anyaman bambu, hal ini bertujuan agar arus air dari pompa alcon tidak merusak plastik yang terpasang pada petakan tambak, isi air setinggi 120 - 130 cm. Lakukan sterilisasi air setelah air di diamkan selama 3 hari, hal ini bertujuan agar apa bila ada telur ikan liar yang masuk ke petakan budidaya telah pecah. sterilisasi menggunakan kaporit dengan dosis 20-30 ppm. setelah di kaporit air akan menjadi bening karena semua organisme yang ada telah mati.

Setelah 3-5 hari atau setelah reaksi kaporit menjadi tawar/netral, dilakukan pemberian plankton dari hasil fermentasi yang dilakukan sebelum pmberian dilakukan. fermentasi yang dilakukan meliputi bekatul, gula jawa cair, pakan, ragi dan duper NB. bahan bahan tersebut di campur menjadi satu dan di tambah air secukupnya kemudian disimpan dalam blong yang ditutup rapat dan di diamkan selama 2-3 hari atau bau sudah mulai tercim wangi. bila hasil penyebaran plankton hasil fermentasi belum membawa perubahan pada air, sebaiknya langkah tersebut di ulang lagi sampai tiga kali. plankton yang telah tumbuh di tandai dengan warna air yang berubah menjadi hijau


* Tanya Boleh Salam Kenal Saya Pak Doni
   Sedia Plastik Tambak Mulsa, UV, LDPE, HDPE
* Fast Respon Klik Salah Satu
 
*

*

*
Email : supermulsa@gmail.com